Bagaiman Penanganan Kencing Nanah?

Gonore atau kencing nanah disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain dengan hubungan seksual melalui vagina, oral, atau pun anal. Ibu hamil yang terkena penyakit ini dapat menularkan penyakitnya pada bayi yang dilahirkannya. Bayi yang dilahirkan oleh ibu pengidap gonore beresiko terinfeksi pada membrane mukosa mata. Jika tidak ditangani segera dapat menyebabkan kebutaan

Pengobatan Gonorrhea dengan antibiotik diberikan untuk membunuh bakteri Neisseria gonorrhea sebagai penyebab penyakit gonorrhea. Pengobatan gonorrhea dengan antibiotik harus berdasarkan resep dokter karena banyaknya penggunaan antibiotik tanpa resep dokter (penggunaan antibiotik secara bebas) menyebabkan resistensi (kekebalan) pada bakteri Gonorrhea. . Bila demikian sehingga keadaan tidak membaik (ada beberapa golongan antibiotik yang sudah resisten, terhadap Gonorrhea yaitu quinolones, Penisilin, Tetrasiklin, dan obat-obat golongan sulfa) disarankan untuk kultur dari spesimen, serta mengganti golongan obat tersebut.

Kencing-Nanah

Umumnya untuk mencegah terjadi resistensi bakteri gonorrhea, dokter lebih sering menggunakan obat – obatan injeksi dengan hanya sekali suntik. Penggunaan antibiotik injeksi sangat efektif untuk membunuh bakteri gonorrhea, namun dalam artikel ini saya tidak membahas antibiotik yang digunakan untuk membunuh bakteri Gonorrhea.

Pencegahan 1. Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seks. 2. Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi. 3. Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit. 4. Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk ditempat umum. 5. Segera obati bila ada keluhan seperti diatas.

Pemeriksaan Laboratorium 1. Pewarnaan Gram : hasil positif bila didapatkan gram negative kokus intrasel dalam eksudat sel polimorfonuklear. 2. Kultur : sampel diisolasi di media khusus, contoh media coklat, atau Thayer-Martin. 3. Diagnose jua dapat dilakukan berdasarkan tempat pengambilan spesimen. Contohnya laki-laki dari uretra, dan perempuan dari serviks. 4. Pemeriksaan darah : hal ini dilakukan bila pasien juga dicurigai mengalami infeksi HIV.



Peringatan : jika kamu merasa artikel kami belum jelas atau anda ada pertanyaan lain, maka anda bisa klik konsultasi online, dimana pakar kami akan menjawab pertanyaan anda, atau hubungi nomor 021-6911922. Metropole Hospital Jakarta berharap semoga anda senantiasa sehat.

LINK: http://metropolehospital.com/bagaiman-penanganan-kencing-nanah.html

Google BookmarksLinkedInDiggDeliciousTumblrWordPressFacebookShare
Metropole Hospital

Adalah pusat klinis untuk pencegahan perawatan dan pemeliharaan kesehatan, sebagai penelitian ilmiah dan merupakan salah satu rumah sakit umum yang modern.

Klasifikasi:Kencing Nanah

Artikel Terkait: